Zurich Bakal Punya Asuransi Umum Syariah

logo zurich insurance

Berita

Menyusul akuisisi 80% saham PT Asuransi Adira Dinamika Tbk (Adira Insurance) oleh Zurich Insurance Group (Zurich) di November 2019, Zurich berencana mengonversi salah satu entitas usahanya, PT Zurich Insurance Indonesia (ZII), menjadi perusahaan asuransi umum syariah, menunggu persetujuan dari OJK.

Akuisisi Adira Insurance ini menunjukan komitmen jangka panjang Zurich untuk memperkuat skala bisnis dan keberadaannya di Indonesia. Sejalan dengan komitmen ini, konversi menjadi perusahaan asuransi umum syariah akan memberikan peluang bagi Zurich untuk memberikan serangkaian produk dan solusi yang memenuhi perkembangan kebutuhan konsumen di Indonesia akan produk proteksi yang menyeluruh.

CEO ZII Hilman Simanjuntak mengatakan, Indonesia adalah pasar yang penting bagi Zurich. Pihaknya memiliki ambisi untuk mengembangkan dan memperkuat unit bisnis asuransi syariah, umum, dan jiwa di Indonesia.

"Sebagai perusahaan asuransi multinasional teratas, Zurich terus berusaha untuk berinovasi dan berinteraksi dengan nasabah kami untuk memberikan layanan terbaik. Guna mengikuti perkembangan perilaku konsumen, kami akan mengembangkan produk dan solusi yang bisa diakses baik secara digital maupun jalur distribusi konvensional," ujarnya di Jakarta, Jumat (26/6/2020).

Dia menuturkan, perusahaan asuransi umum syariah dari Zurich ini diharapkan dapat beroperasi di 2021 dengan nama perusahaan PT Zurich General Takaful Indonesia (ZGTI).

Setelah konversi ini dilakukan, nasabah ZII bisa memilih untuk memperbarui kontrak polis mereka untuk produk asuransi umum konvensional dengan Adira Insurance atau mengganti kontrak polis mereka menjadi polis asuransi umum syariah dengan ZGTI.

Zurich Indonesia saat ini memasarkan solusi asuransi jiwa melalui PT Zurich Topas Life (ZTL) dan asuransi umum melalui Adira Insurance.

Tentang Zurich

Zurich Insurance Group (Zurich) adalah perusahaan asuransi multi-line terkemuka yang melayani Nasabah di pasar global dan lokal. Dengan sekitar 55.000 karyawan, Zurich menyediakan berbagai produk asuransi umum, serta produk dan layanan asuransi jiwa di lebih dari 215 negara dan wilayah. Nasabah Zurich meliputi individu, usaha kecil, perusahaan menengah dan besar, serta perusahaan multinasional. Zurich Grup ini berkantor pusat di Zurich, Swiss, dan didirikan pada tahun 1872. Perusahaan induk, Zurich Insurance Group Ltd (ZURN), terdaftar di SIX Swiss Exchange dan berada di Level 1 American Depositary Receipt (ZURVY), yang diperdagangkan secara bebas di OTCQX. Informasi lebih lanjut tentang Zurich dapat ditemukan di www.zurich.com.

Zurich Indonesia melayani nasabah pada segmen asuransi Jiwa dan P&C melalui PT Zurich Topas Life (ZTL) dan PT Asuransi Adira Dinamika (Asuransi Adira). Asuransi Adira dimiliki oleh Zurich sebesar 80%. Melalui jaringan distributor (agen, broker dan mitra bank), ZTL menawarkan produk perlindungan dan perencanaan keuangan yang komprehensif, sementara Asuransi Adira menyediakan produk dan layanan konvensional dan berbasis syariah.

Opini

Saya berharap langkah strategis perusahaan untuk mengkonversi asuransi umum konvensional menjadi asuransi umum syariah dapat berjalan dengan baik.

Ekonomi syariah yang kuat seperti yang didambakan oleh masyarakat muslim di Indonesia akan terwujud. Karena itu perlu dukungan dari masyarakat.

Bentuk dukungan yang paling krusial adalah tidak membatalkan polis asuransi saat ini dan melanjutkan polis yang sudah berjalan dengan akad yang baru yaitu tabarru (tolong menolong) dan mudharabah (bagi hasil).

Edukasi mengenai produk keuangan seperti asuransi umum perlu lebih digalakkan lagi karena dalam alam berpikir masyarakat produk asuransi itu berkisar pada asuransi jiwa dan asuransi sosial.

Layak ditunggu unit usaha asuransi syariah manalagi yang akan menambah khasanah produk asuransi syariah di Indonesia.

Sumber: