Cara Membuat Blog Penjualan Produk Asuransi Dengan Blogspot

membuat blog asuransi dengan blogspot

Kenapa harus membuat blog untuk menjual produk asuransi? Sebelum kita masuk pada cara membuat blog untuk menjual produk asuransi dengan blogspot mari kita jawab pertanyaan ini.

Masyarakat saat ini mulai kritis dengan produk yang dijejalkan ke hadapan mereka. Mereka tidak hanya menerima penawaran tetapi juga mencari tahu bagaimana manfaat produk tersebut untuk diri mereka sendiri. Untuk mengetahui detail produk dan juga bagaimana manfaat sebuah produk mereka akan menggunakan Google untuk pencarian.

Berdasarkan data terakhir yang pernah saya dapatkan dari tool bernama ubersuggest, pencarian di google dengan kawasan Indonesia yang dilakukan dengan kueri [asuransi] memiliki rentang 100 sampai 1000 pencarian per bulan. Artinya banyak orang di Indonesia yang kepo dengan cara kerja dan juga jenis-jenis produk asuransi. Ini merupakan potensi.

Namun pertanyaannya berlanjut. Segmen Masyarakat Indonesia mana yang benar-benar membutuhkan produk asuransi?

Jawabannya bisa kita ambil dari data statistik dari blog asuransi yang kita kelola. Khususnya jika kita menggunakan tool yang juga berada di bawah pengawasan Google, Analytics.

Pangsa pasar asuransi masih sangat besar di Indonesia. Data dari OJK terakhir untuk asuransi syariah terbaru market share-nya baru 4.34%. Makanya wapres berpesan agar industri asuransi syariah lebih berinovasi agar menumbuhkan preminya.

Agar premi tumbuh maka setiap pelaku industri asuransi harus mengedukasi calon peserta terhadap produk yang dijual. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat blog.

Menjual produk asuransi pun memiliki tantangan yang lebih dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya karena produk asuransi adalah sebuah produk yang tidak langsung dirasakan manfaatnya (baca: intangible) tetapi juga karena berita-berita terbaru yang membuat kepercayaan masyarakat menjadi berkurang terhadap industri asuransi secara keseluruhan.

Untuk mendapatkan kepercayaan tersebut maka pelaku industri asuransi harus terus menjaga performanya dengan membayar klaim tepat waktu sekaligus memperbaiki pengawasan terhadap pengelolaan dana premi yang telah dikumpulkan dari masyarakat.

Ada banyak lagi manfaat membuat blog dalam mengenalkan dan menjual produk asuransi:

  • Menargetkan Prospek Potensial
  • Membangun Hubungan Personal
  • Membangun Komunitas
  • Meningkatkan Reputasi Brand atau Perusahaan Sendiri

Kita akan membahas cara-caranya setelah Anda mengikuti cara membuat blog penjualan berikut ini.

Langkah-langkah Membuat Blog di www.blogger.com

Membuat blog untuk mengedukasi dan menjual produk asuransi di blogger.com merupakan pilihan yang tidak ideal tetapi merupakan langkah awal yang baik, khususnya bagi Anda yang memiliki budget promosi terbatas. Cukup dengan modal kuota internet dan juga gawai yang dimiliki saat ini setidaknya Anda sudah bisa memiliki website untuk mengenalkan asuransi dan produknya kepada calon peserta.

Mari kita mulai.

  1. Silahkan kunjungi situs blogger di alamat www.blogger.com atau klik disini
  2. Daftar dengan menggunakan alamat gmail yang Anda miliki. Kalau belum punya silahkan daftar gmail disini.
  3. Setelah masuk ke dashboard blogger.com, klik tombol New. buat blog baru di blogger.com
  4. Lalu isi Alamat dan Judul dengan alamat dan judul yang Anda inginkan. isi alamat dan judul dengan yang diinginkan

    Ikuti tip berikut untuk menentukan Judul dan Alamat untuk blog jualan asuransi Anda.

    1. Gunakan daerah pemasaran.

      Contoh Anda tinggal di Jakarta Selatan dan menargetkan setiap orang yang berada di Jakarta Selatan membeli produk asuransi yang Anda miliki. Maka anda coba masukkan didalam kolom alamat dan judul [asuransijakartaselatan.blogspot.com] atau [konsultanasuransijaksel.blogspot.com].

    2. Gunakan NAMA ANDA!

      Selain brand dari perusahaan asuransi atau produk asuransi, gunakan nama Anda agar menciptakan brand sendiri. Contoh [penawaranasuransikandra.blogspot.com] atau [kandrakonsultanasuransi.blogspot.com].

    3. Beli domain dengan akhiran .COM atau .ID

      Jika variasi judul dan alamat blogspot tidak juga tersedia, mungkin Anda harus mencoba menambah budget pembuatan blog asuransi dengan membeli domain atau alamat website sendiri dengan akhiran .COM atau .ID. Untuk memiliki alamat web sendiri Anda bisa menganggarkan dana mulai dari 200 ribu hingga 300 ribu rupiah per tahun dari beberapa perusahaan registrar domain dan web hosting seperti qwords.com. Pada masa promosi Anda bisa mendapatkan nama domain untuk blog asuransi seharga 75 ribu rupiah untuk setahun.

  5. Jika alamat dan judul blog yang Anda inginkan tersedia maka langkah selanjutnya adalah memilih template yang akan digunakan untuk blog baru Anda di blogger.com. Anda bisa menggunakan template bawaan yang disediakan blogger untuk memulai dan Anda bisa mengubah desain blog asuransi ketika blog sudah bisa live atau bisa diakses.

    Ada baiknya Anda gunakan template blogger Mas Sugeng seperti yang saya gunakan saat ini (gunakan kode SPESIAL11 buat diskon). Template blog yang dikembangkan oleh Mas Sugeng sudah berusaha mengikuti standar yang ditetapkan oleh Google yaitu:

    • Kecepatan loading cepat. Silahkan lihat kecepatan tampil blog atau artikel saya melalui gtmetrix. Menurut penelitian tim Google, website atau blog yang memiliki kecepatan tampil kurang dari 3 detik akan memiliki tingkat konversi lebih besar dibandingkan website atau blog yang tampil lebih dari 3 detik.
    • Ramah perangkat Mobile. Saat ini orang banyak menggunakan gawai mereka untuk mencari informasi terkait masalah yang mereka hadapi. Template yang diberi linkmagz ini dikembangkan dengan baik agar tampil menarik baik ketika diakses di HP maupun lewat komputer atau laptop.
    • Pengembangnya merupakan orang Indonesia yang mendedikasikan waktunya untuk membuat template yang berkualitas. Jadi daripada membeli template dengan orang luar negeri lebih baik kita dukung karya anak bangsa.

    Selain Mas Sugeng, Anda juga bisa memiliki template dari pengembang asal Indonesia lainnya seperti Igneel, Arlina, atau Adhy Suryadi.

Setelah itu apa yang kita lakukan?

Mengenal Dashboard Blogger Terbaru

Sebelum Anda mulai menerbitkan artikel-artikel untuk mengedukasi calon prospek dan mendapatkan leads. Ada baiknya Anda mengenal isi dalam dari platform blogger agar lebih memudahkan untuk menggunakannya dan memaksimalkan fungsi-fungsinya untuk mencapai tujuan awal dalam membuat blog asuransi.

dashboard blogger terbaru

Berikut menu yang ada di dashboard blogger:

  1. Daftar blog yang Anda miliki ditandai dengan judul blog. Anda bisa membuat banyak blog di blogger dan berganti pengelolaan blog melalui panah kecil yang ada disamping.
  2. Daftar Postingan atau Artikel yang diterbitkan. Pada cuplikan layar diatas kalau blog baru otomatis tidak ada postingan.
  3. Daftar Komentar baik dari yang terbitkan, sedang dimoderasi atau terindikasi spam.
  4. Penghasilan (Biasanya menu ini untuk mendaftarkan blog pada program kerjasama penayangan iklan bernama Google Adsense)
  5. Daftar Halaman (Biasanya dibuat untuk halaman statis atau halaman yang bakal jarang diperbaharui)
  6. Tata Letak. Fitur untuk menambahkan beberapa fungsi tambahan untuk menunjang kedekatan dengan pengunjung blog.
  7. Tema. Untuk mengganti tampilan web atau menyimpan desain web saat ini.
  8. Setelan. Ini yang akan kita bahas lebih lanjut sebelum menerbitkan artikel.
  9. Daftar Bacaan. Daftar blog beralamatkan blogspot yang kita ikuti.

Rekomendasi SETELAN agar Blog Penjualan Anda Ditemukan Lewat Situs Pencarian

  1. Bahasa. Menu ini digunakan untuk mengatur Bahasa yang akan digunakan di dalam blog. Anda bisa menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris/India/Perancis dan lain-lain tergantung pada target peserta produk asuransi.

  2. ID Properti Google Analytics. Ini penting untuk mendapatkan wawasan pengunjung blog kita nantinya. Untuk mengaktifkan fitur ini Anda tekan teks ID Properti Google Analytics untuk masuk ke situs Google Analytics dan mendapatkan ID pelacakan untuk nanti dimasukkan ke dalam kolom yang disediakan.

  3. Favicon. Ini merupakan fitur untuk mengunggah logo yang menjadi tanda pengenal bagi web kepada pengunjung. Untuk membuat gambar logo web Blogger mensyaratkan besar ukuran kurang dari 100 kb dengan bentuk bujur sangkar.

  4. Privasi. Slide tombolnya agar blog bisa ditelusuri oleh mesin pencari.

  5. Domain Kustom. Fitur ini berguna agar kita bisa menggunakan alamat yang sudah dibeli dan mengganti alamat yang masih menggunakan URL blogspot.com saat mendaftar blog pertama kali.

    Cara menggunakan domain kustom mudah. Tekan teks Domain Kustom lalu pada pop-up yang muncul isi dengan alamat blog yang sudah Anda beli kemudian tekan tombol SIMPAN. Untuk lebih lengkapnya tentang penggunaan domain kustom baca di artikel resmi blogger disini.

  6. HTTPS. Slide agar blog mendapat sertifikat keamanan gratis dari Blogger. Kenapa harus menggunakan sertifikat keamanan? Baca keterangannya.

  7. Komentar. Fitur ini bisa diaktifkan maupun dinon-aktifkan secara manual. Saran saya lebih baik diaktifkan agar calon prospek bisa berkomunikasi dengan kita. Selain itu mengaktifkan kolom komentar akan membuat blog semakin mudah ditemukan oleh pengunjung ketika yang bersangkutan mencari sesuatu di google terkait dengan produk asuransi.

    Untuk kenyamanan pemilik blog dan juga komentar lebih baik JANGAN mengizinkan komentar Anonym. Siapa yang bisa berkomentar? Agar lebih nyaman pilih pengguna akun Google. Selain itu aktifkan Moderasi Komentar dan atur agar setiap komentar yang masuk dimoderasi lebih dulu. Setelah itu aktifkan Captcha Pembaca agar kita tahu kalau yang berkomentar itu adalah manusia, bukan robot yang dikirim oleh komputer untuk mempromosikan barang dagangannya sendiri.

  8. Tag Meta. Aktifkan bagian ini karena akan membantu pengguna yang berasal dari situs pencarian untuk mendapatkan gambaran isi dari Halaman Posting atau Halaman Statis blog kita. Pelajari selengkapnya tentang penggunaan Tag Meta.

Setelah Anda melakukan pengaturan pada blog yang saya sarankan diatas selanjut baru kita lanjut pada penerbitan artikel untuk mengedukasi dan menjual produk asuransi.

Cara Menerbitkan Artikel di Blogspot

Platform Blogger terkenal dengan kemudahan penggunaannya bahkan untuk orang yang baru menggunakan sekalipun. Untuk membuat artikel untuk pengenalan usaha asuransi maupun produk asuransi begini caranya.

  1. Klik menu POSTINGAN lalu klik tanda tambah (+) yang berada didalam lingkaran di kanan bawah layar komputer.

    Ada dua cara menulis artikel di blogger. Pertama jika Anda tidak mengetahui bahasa koding bisa menggunakan mode biasa seperti gambar berikut:

    mode postingan artikel untuk yang tidak paham koding html

    Anda tinggal menulis judul artikel dan juga konten.

    Atau Anda juga bisa menggunakan mode html seperti pada gambar dibawah ini.

    mode html yang bisa digunakan untuk posting artikel

Selanjutnya Anda tinggal menulis mengenai asuransi dan juga manfaat produk yang ditawarkan kepada calon peserta asuransi.

Penutup

Blog merupakan sebuah media yang masih relevan untuk digunakan di zaman digital saat ini. Banyak orang masih mengandalkan Google untuk melakukan pencarian terhadap informasi umum mengenai asuransi maupun informasi spesifik mengenai sebuah produk asuransi. Peluang ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh tenaga pemasar asuransi untuk mengedukasi calon peserta mengenai manfaat berasuransi.

Meskipun Blogger tidak ideal sebagai platform digital marketing karena keterbatasannya, platform ini masih menjadi rekomendasi bagi tenaga pemasar produk untuk mulai beradaptasi dengan dunia pemasaran yang telah berubah. Semoga tulisan cara membuat blog penjualan produk asuransi dengan blogspot ini bisa membantu Anda untuk mulai penetrasi pasar secara digital.

NB: Hubungi saya jika Anda butuh bantuan untuk membuat blog menggunakan blogger.